Senin, 10 Juni 2013

LAHIRNYA SANG HYANG NUR CAHYA

Kisah Wayang. Apa yang dituliskan adalah apa yang pernah dibaca dan dipelajari dari beberapa referensi cerita wayang yang dikutip dari sumber karya sastra para pujangga, khususnya pujangga Jawa. Mohon jangan disalah artikan secara negatif. Sedikitpun tidak ada maksud untuk menyinggung atau melecehkan kepercayaan, keyakinan dan agama manapun. Mohon dipahami dengan fikiran terbuka agar kita mendapat poin-poin positif dari pen-ceritaan kisah ini.


Kisah ini berawal pada Nabi Adam As yang memiliki anak 40 pasang kembar dampit. Diceritakan bahwa Nabi Adam hendak menjodohkan anak-anak kembar dampitnya dengan cara silang. Namun Siti Hawa, isterinya, menentang dan ingin menjodohkan anak kembar dampitnya dengan pasangan masing-masing. Alasannya sudah merupakan ketentuan takdir dijodohkan sejak dalam kandungan. Mereka saling berebut dan mengaku siapa yang lebih berhak untuk menentukan perjodohan diantara anak-anak mereka, maka mereka pun ingin membuktikan benih siapa sebenarnya yang lebih mempunyai peran atas terbentuknya janin. Dari mereka lalu kemudian sama-sama mengeluarkan rahsa "dayaning urip" (daya hidup).

Rahsa tersebut kemudian ditempatkan dalam cupumanik (cupu = wadah, manik = inti) dan sama-sama dipanjatkan doa. Rahsa dalam cupumanik Nabi Adam berubah menjadi orok bayi namun hanya ragangan, atau tubuh yang belum bernyawa. Atas kemurahan kodrat dan iradat Allah, bayi yang ada pada cupumanik milik Nabi Adam menjadi lengkap perwujudannya sebagai manusia yang sempurna, kemudian cahaya nurbuwah (kenabian) yang ada di badan Nabi Adam berpindah ke dalam tubuh bayi hingga dapat hidup sempurna. Adam mendapatkan bisikan dari Allah agar bayi tersebut dinamakan Syits (pemberian Allah). Nabi Adam memanjatkan syukur kepada Allah dan menjalankan bisikan gaib tersebut. Saat Nabi Adam mengambil bayi dari dalam cupu dan menggendongnya, tiba-tiba datang badai (angin kencang) yang akhirnya menerbangkan cupu tempat bayi hingga jatuh ke tengah Samudera. Suatu saat cupu itu diambil oleh Ijazil (Iblis).

Nabi Syits yang telah menjadi dewasa, lalu mendapatkan jodoh dari Allah berupa bidadari bernama Dewi Mulat. Ijazil (Iblis) yang telah mengetahui sebelumnya bahwa kelak di kemudian hari keturunan Adam akan sangat dikasihi Allah, Maka Ijazil (Iblis) memohon kepada Allah agar dirinya diberikan kebebasan dalam menggoda anak cucu Adam untuk dijadikan sekutunya saat hari pembalasan kelak. Ijazil (Iblis) memohon supaya keturunannya bisa disatukan dengan keturunan Adam dengan maksud agar dirinya lebih mudah mempengaruhi keturunan Adam yang tidak memiliki ketaqwaan terhadap agama Allah. Do'a Ijazil (Iblis) dikabulkan, kemudian anaknya yang bernama Dlajah, dicipta/dibuat mirip dengan Dewi Mulat untuk menggantikan istri Nabi Syits tersebut. Dan Dewi Mulat untuk sementara waktu disembunyikan secara ghaib. Setelah beberapa waktu pertukaran yang dilakukan secara licik oleh Ijazil (Iblis), dan lalu mengetahui nutfah Nabi Syits telah jatuh di telanakan (rahim) Dlajah, maka cepat-cepat Ijazil (Iblis) mengambil dan membawa pulang kembali Dlajah, dan Dewi Mulat pun dimunculkan kembali.

Tepat pada waktu julungwangi atau saat matahari terbit, Dewi Mulat melahirkan anak kembar, hanya saja yang satu berwujud bayi laki-laki (manusia) dan yang satunya berwujud Cahya (Nur). Selang waktu yang hampir bersamaan, tepatnya pada waktu julungpujut atau saat matahari tenggelam, Dlajah juga melahirkan anak. Namun yang dilahirkan oleh Dlajah adalah Asrar (daya hidup yang memancarkan cahaya), berkilauan laksana embun pagi. Selanjutnya Asrar tersebut dibawa Ijazil (Iblis) ke Kusniyamalebari secara sembunyi-sembunyi dan dipersatukan dengan anak Nabi Syits dan Dewi Mulat yang berwujud Cahya (Nur). Secara ajaib berubah menjadi laksana bayi laki-laki yang masih diliputi cahaya dan tidak dapat dipegang, kemudian Ijazil (Iblis) meninggalkannya. Nabi Adam memberi nama kepada anak-anak Nabi Siyts dan Dewi Mulat. Anak laki-laki yang berwujud manusia diberi nama Anwas (Nasa), sedangkan anak yang berwujud bayi laki-laki yang diliputi cahaya (persatuan antara anak Dewi Mulat dan anak Dlajah dalam wujud cahaya) diberi nama Anwar.

Sayid Anwas sangat tekun beribadah kepada Allah SWT, kelak suatu saat ia akan menurunkan para nabi hingga akhir zaman. Sedang Sayid Anwar sangat gemar berkelana dan menyepi diri hingga suatu saat ia bertemu dengan Ijazil (Iblis) dan berguru kepadanya. Sayid Anwar mendapatkan berbagai ilmu kesaktian dari Ijazil (Iblis). Ia bisa berubah sebagai laki-laki atau perempuan (mencala putra - mencala putri), ia pun bisa menghilang dan kasat mata (tidak bisa di-indera). Juga bisa terbang ke angkasa, masuk ke dalam perut bumi dan bernafas di dasar samudra. Ketika Sayid Anwar pulang dan bertemu Nabi Adam, maka kakeknya melihat perubahan pada perilaku cucunya itu. Nabi Adam paham bahwa perubahan itu dikarenakan ulah Ijazil (Iblis), dan berkata kepada Nabi Syits, bahwa kelak Sayid Anwar akan murtad dari ajaran agama yang dipeluk kakek dan ayahnya.

Sayid Anwar adalah cikal bakal para Dewa atau Hyang. Ijazil (Iblis) memohon kembali kepada Allah Sang Maha Pencipta agar Sayid Anwar diperkenankan berumur panjang hingga akhir zaman. Permohonan Ijazil (Iblis) dikabulkan. Sayid Anwar lalu meminum dan mandi Maolkayat atau Tirta Kamandalu, yaitu "air kehidupan" yang berasal dari intisari awan mendung yang telah dicurahkan dari atas langit. Oleh Ijazil (Iblis) Tirta Kamandalu itu ditampung kedalam cupumanik Astagina (milik Nabi Adam dahulu yang terhempas badai), agar Tirta Kamandalu tidak pernah habis secara ajaib di dalam Cupumanik Astagina. Ijazil (Iblis) menganugerahkan cupu tersebut kepada Sayid Anwar.

Dan atas kodrat Allah, Sayid Anwar dipertemukan dengan pohon Rewan (Pohon Kehidupan, Lata Maosadi, Kalpataru, Oyod Mimang) yang sedang ngarang, gugur daun-daunnya. Akar pohon ini menjadi tanda dari kehidupan alam, dimana seluruh isi jagad raya yang mati sebelum takdirnya bila diatasnya diletakkan akar pohon ini akan hidup kembali. Sayid Anwar kemudian mengambil akar pohon tersebut dan kemudian menjadi salah satu pusaka para dewa. Oleh Ijazil (Iblis), Sayid Anwar mendapatkan sesotya (mutiara mustika, bola kristal) Retna Dumilah yang atas ijin Allah, sesotya tersebut bisa untuk memandang seluruh isi jagad raya dan mengetahui/membuat "tiruan" (prototype) surga dan neraka.

Kemudian Sayid Anwar diberi pelajaran berbagai ilmu pengetahuan dan kesaktian oleh Ijazil (Iblis). Diantaranya : ilmu pangiwa, ilmu patraping panitisan (ilmu menitis, reinkarnasi), ilmu manjing suruping pejah (sasahidan, semadi hingga mencapai mati sajroning urip) dan ilmu cakra panggilingan (ilmu menguasai perjalanan waktu, termasuk ilmu jangka atau ngerti sadurunge winarah atau mengetahui tabda-tanda kejadian yang akan datang).

Setelah menerima dan menguasai semua ilmu pengetahuan dan kesaktian, Sayid Anwar ingin kembali berkelana, ia sudah enggan kembali pulang ke keluarganya, kakek-neneknya, ayah ibunya, dan saudara-saudaranya. Ia merasa tidak bisa hidup berdampingan dengan mereka. Maka, Ijazil (Iblis) menyarankan untuk tinggal di Jazirat Ngariyat (Pulau Malwadewa). Di tempat itu Sayid Anwar disuruh bertapa di puncak gunung dengan cara mengikuti perjalanan matahari. Kalau matahari terbit dia menghadap ke timur, kalau matahari di tengah dia menengadah, dan kalau matahari sudah di barat dia menghadap ke barat. Setelah tujuh tahun bertapa, atas kehendak Allah juga, Sayid Anwar hilang dimensi kemanusiaannya menjadi badan rohani di alam Adam-Makdum (alam ada tiada, sonyaruri atau awang-uwung, suwung). Bumi-langit tiada terlihat, tiada matahari tiada bulan tiada bintang, tiada malam dan siang, tiada arah kiblat, tiada ruang dan waktu. Semua menjadi tiada, yang ada tinggal rengkuhan (liputan) cahaya, hingga segala kehendaknya mendapat restu dari Allah Sang Maha Pencipta.

Alkisah cahaya yang memancar dari Sayid Anwar dilihat oleh Prabu Nurhadi (Sang Hyang Malhadewa) putra Prabu Rawangin (Sang Hyang Hartahetu). Prabu Nurhadi (Sang Hyang Malhadewa) adalah keturunan Jan-Banujan (nenek moyang jin). Prabu Nurhadi paham bahwa cahaya yang memancar itu bukanlah cahaya matahari, bukan cahaya bulan dan bukan cahaya bintang, itu cahaya keturunan Adam.
Kemudian cahaya tersebut didekati dan berusaha untuk menangkapnya. Namun Prabu Nurhadi tidak bisa menangkap cahaya tersebut. Cahaya yang tidak lain adalah Sayid Anwar itu mengaku sebagai Kang Murbeng Alam. Prabu Nurhadi membantah dan terjadi adu ilmu kesaktian. Prabu Nurhadi kalah dan selanjutnya tunduk takluk dan menyembah kepada Sayid Anwar. Kemudian Prabu Nurhadi mengajak Sayid Anwar ke kahyangannya dan dijadikan raja. Setelah menjadi raja diantara bangsa jin di pulau Malwadewa, Sayid Anwar menggelarkan dirinya sebagai Sang Hyang Nurcahya (perpaduan cahaya). Selanjutnya Putri Prabu Nurhadi yang bernama Dewi Nurrini (Dewi Mahamuni) diserahkan dan dijadikan permaisuri Sang Hyang Nurcahya.Sang Hyang Nurcahya mendapatkan keturunan dari Dewi Nurrini (Dewi Mahamuni) berwujud Asrar (rahsa daya hidup, plasma, tan wujud) yang bercahaya sangat terang benderang menyilaukan dan menerangi kegelapan. Asrar (tan wujud) itu kemudian disiram dengan air kehidupan menjadi wujud. Oleh Sang Hyang Nurcahya diberi nama : Sang Hyang Nurrasa.


78 komentar:

  1. Balasan
    1. share... dan like...https://www.youtube.com/watch?v=02b5uKa_OeA&feature=youtu.be

      Hapus
    2. Jangan dulu memvonis seperti itu, karena ketidak-tahuan kita belum tentu menjadi dasar kebenaranmu.

      Hapus
    3. Kita tidak pernah tau asal usul dunia ini, baru hidup belasan tahun Sudan merasa paling tau

      Hapus
  2. Mohon dilanjutkan ceritanya tentang nur roso dan para keturunannya...
    Terimakadih

    BalasHapus
  3. Kurang gambar sang hyang Nurcahya.

    BalasHapus
  4. Hal ini ga ada di kitab mana pun . yg ga paham bilang ini kosong .
    Karena memang ada turunannya yg tersisa , di banten, selamat dan dieng .
    Keturunanan ya adalah Bhairawa
    Dan saya salah satu nya, ....
    ...
    Yg komentar omong kosong itu ga paham

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya percaya dan justru saya sangat ingin memahami asal usul sang nur cahaya 🙏

      Hapus
    2. Sanghyang nur cahya adalah cahaya dari azazil bukan nur muhammad ini perlu di ketahui.

      Hapus
    3. kisah nabi Adam as sebelum banjir bandang masa nabi Nuh AS kalau kisah setelah banjir bandang ya ada kisah tentang turunnya kitab suci agama keturunan nabi Ibrohim as.

      Hapus
    4. Matur suwun ..kalau.boleh tahu aku tertarik cerita ini..untukntempatnya.dimana.untuk dieng nya..

      Hapus
    5. Yang masih belum tau kidul LAN lor, jangan komen,akan lebih bijak jika sodara nyimak saja,

      Saya percaya adanya sanghiyang Nurcahya, cucu dari nabi Adam as, dan saya yakin bahwa para sanghiyang sampe sekarang masih ada,

      Lanjutkan ceritanya sodaraku.
      Tapi jangan terlalu banyak yang dipotong, meski saya tau semua buku-buku ini, tapi saya sangat suka kalau masih ada orang yang mau buka histori 🙏🙏🙏

      Lanjutkan 👍🙏

      Hapus
  5. Ketika keturunan dieng dan banten bersatu, .. Maka keturunan murni dari sang hyang nurcahaya akan kembali ....
    ...
    Padahal kata para Wali songo keturunan nya sudah habis ,,
    Itu lah kebesaran TUHAN.
    Jadi jangan sok tahu , yang ga berilmu dan ga paham .
    Apa sih yang di dunia itu yg tidak mungkin ? ..
    Ketika Tuhan kalian ..
    Jadi lah maka jadilah ....
    ....
    Jangan sombong, jangan sok tahu. .. Eling kan waspada

    BalasHapus
  6. Sang hyang nur cahya ning nirwana
    Sekrang sudh ada

    Kalian bisa tonton youtobe

    Sang santri
    Padepokan maung siliwangi

    Di beberapa video mereka, mereka menyebutkan nama itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hanya murid,, asli orang blora..

      Hapus
    2. Di youtube ada yg mngaku murid sang hyang nur dari blora.dan saya percaya.allahu allam

      Hapus
    3. Dalam cerita yg tertulis disini, shang hyang cahya itu ditulis sebagai pengikut Iblis, boss.

      Hapus
    4. koq banyak yg bangga sama keturunan iblis ? :(

      Hapus
  7. Masih kurang paham dengan ceritanya

    BalasHapus
  8. Murid sanghyang nur cahyaning nirwana tersebar diseluruh nusantara,disetiap titik ada murid beliau

    BalasHapus
  9. Muridnya ada...pak imam di blora..punya santri banyak..berilmu tiggi

    BalasHapus
  10. Emang udah beberapa kali q tonton YouTube sang santri dari blora pak imam namanya,beliau sungguh hebat atas izin allah,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tp kok mbah imam sll bilang atas izin guru saya sang hyang nur cahaya dst. N dia ga bilang atas izin allah. Maaf mau nanya. Apa itu ga mempersekutukan allah y..?

      Hapus
    2. Tp kok mbah imam sll bilang atas izin guru saya sang hyang nur cahaya dst. N dia ga bilang atas izin allah. Maaf mau nanya. Apa itu ga mempersekutukan allah y..?

      Hapus
    3. Atas izin mksudnya ngalap barokah gurunya. Htinya mbh imam ya ttp ke Allah.

      Itu gk syirik lurr

      Hapus
    4. WOY LU TOLOL,JELAS2 ITU SYIRIK,YA BENER TU BRO AHMAD SYIRIK ITU HATI2 BANYAK AJARAN NGACOO,AQIDAHNYA CACAD,HATI2 DOSA TERBESAR ADALAH SYIRIK,CUKUP AL-QUR'AN DAN HADITSH SAJA PEDOMAN HIDUP

      Hapus
  11. Murid nya baru saja kerumahku,dan melakukan penelusurah disekitar desaku

    BalasHapus
  12. Bagus ini bukan dongeng,tp ada,ini menjurus ke ajaran,sangkan parane dumadi

    BalasHapus
  13. Saya percaya.sanghyaang nurcahyaning nirwana. Dan jika itu tidak ada maka ,cerita jawa pun juga tidak ada ,ini.jauh sebelum nabi kita rasulallah di lahirkan. Tapi puncak dari dari segala nur kekuatan nur adalah nur muhammad saw. Maka iblis azazil tdk mengakui nur muhammad. Dan jika dibacakan sholawat iblis akan leburr atas kehendak allah

    BalasHapus
  14. Bisa di ambil kesimpulan ini adalah risaalah azazil(risalah ke iblisan) yg dimana menjeremuskan manusia.dan ilmu ini nanti akan dilahirkan kembali oleh dajjal laknutllah alaih.Kalo nabi adam -nabi muhammad(25)nabi adalah risalah ke islaman yg dimana allah menurunkan agama kpd manusia agar tau mana yg haq dan bathil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha mas imam sang santri mengaku murid sang yang nur cahya perbuatannya baik mengislamkan jin tanpa paksaan memmbantu orang2 disekitar

      Hapus
  15. Sumber cerita ini darimana? Kalau cerita wayang, gak ada deh cerita ttg nabi Adam as.
    lagian, masa' nama Anwar yg berarti cahaya, kok malah jadi pengikut Iblis? Ini mengandung unsur fitnah ala tidak?

    demikian pula cerita ttg nabi khidzir, katanya dia jd abadi karena meminum tirta abadi dg mencurangi raja yg mengutusnya. Masa' serang nabi kok mencurangi? Apakah cerita itu fitnah apa bukan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siapa bilang dlm wayang tidak ada cerita nabi Adam. Dalam ilmu makrifat sunan kalijaga dan sultan Agung Hanyakrakusumo,, dikenal Shang Hyang Adama (nabi adam), shang hyang Esis (nabi Syits), Ajajil (Iblis yg diturunkan ke bumi), hingga kisah raja-raja dari cucu-cucu Adam dan cucu Jin penguasa bumi. Ini kisah sebelum zaman nabi khidhir dan nabi nuh ada semua bahkan komplit dikisahkan dlm lontar 2000 halaman. Wayang = owah²ane tiyang, maksudnya kisah kehidupan anak manusia dr awal hingga zaman prabu siliwangi. Yaitu kisah dari mulai 9000tahun silam yg dikenang untuk anak cucu karena penuh peperangan antara kebaikan dan kejahatan, ilmu hitam dan ilmu putih, tarungan antara yg jujur dan yg khianat pada raja dan Shang Hyang Agung akakarya jagad (tuhan yg maha esa, penguasa dr segala penguasa). Karena akan selalu terjadi berulangkali dalam zaman berbeda dan tahun berbeda.

      Hapus
  16. why indonesian so obsessed with this hinduism majapahit influenced story, myths and folklore..the way u guys described makes him deity like figure..just like shia worship Saidina Ali

    BalasHapus
  17. Ini cerita versi islam,versi hindu lain lagi,versi budha lain ,versi jawa lain lagi

    BalasHapus
  18. Halah melanggar syare'at .. jika emang kita benar mengaku islam . Jelas tuntunan kita adalah alquran dan sunah diluar itu jamin pasti ngaco ..

    BalasHapus
  19. Wallahu a'lam..... Disaat ini dmn bnyak org yg lupa jati diri yg gak mau melihat sejarah dan mendengarkan cerita org2 terdahulu.....

    BalasHapus
  20. itu presepsi masing2 sih yg percaya monggo yang engga ya ga usah saling mencela

    BalasHapus
  21. INTINYA PERSIAPKAN KALIAN YANG MASIH MERASA PUNYA TRAH PARA KESATRIA KESATRIA JAWA. TATA HATI KALIAN TATA IMAN KALIAN TATA AGAMA KALIAN. MISI BESAR MENANTI, PEPERANGAN YANG AGUNG AKAN DATANG, MELAWAN PASUKAN DAJJAL DARI GOLONGAN GAIB DAN NYATA ..BELAJARLAH ILMU MAKRIFAT

    BalasHapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  23. ,,ada yang tersurat dan tersirat,, Yang tersurat sudah pasti ada di dalam Al-Qur'an dan Al-Hadis.. Untuk mengejar yang tersirat kita membutuhkan ilmu batinniah,, karna ilmu dohirriah sudah tersurat di Al-Qur'an dan Al-Hadis tinggal ilmu batinniah.. Karna kedua ilmu ini harus selaras yang intinya "SEJALAN antara rel Nur Muhammad dan Nur Ruallah,, biar kita paham antara yang tersurat dan tersirat...

    ,,cerita diatas benar.. Bahkan bukan sekedar cerita namun "SEJARAH dan cikal bakal antara turunan nabi dan sang hyang.. cuman yang komen kok jadi pengikut iblis.!! (SEMOGA DI KAJI LAGI)

    ,,sedikit ulasan saya
    Turunan Sayid Anwas bin nabi syits 👉 Nabi Idris, Nuh, Hud, Saleh, Ibrahim, Luth, Ismail, Ishaq, Yaqub, Yusuf, Ayyub, Musa, Zulkifli, Daud dan seterusnya,, nabi muhammad saw..
    ,,terus Sayid Anwar bin nabi syits melahirkan turunan 👉 Sang Hyang Nurrasa,, Sang Hyang Taya,, Sang Hyang Wenang,, Sang Hyang Tunggal,, Sang Hyang Widhi,, Sang Hyang Rancasan.
    Sang Hyang Ismaya (Semar) terus Sang Hyang Tejamaya (Togog)

    ,,Niscahya atas ijin "Allah iblis paling takut pada nabi adam karna kesakti'anya (NYABOK ISBLIS OGE TUTUNG) Allahu wujuddu'allah sipattu'allah sirru'allah kunfayaqun.. Sifat dan perwujudan "Allah sudah di berikan ke nabi adam,, jaman nabi adam belum ada agama, jangan muka hadis "MOAL KA UDAG JEUNG MOAL KAPANGGIH... Buatlah agama,mu sebagai pondasi dasaran untuk belajar ilmu "Allah yang lainya, untuk sampai mengenal "Tuhan mu ,,karna ilmu batiniah tidak bisa diserap oleh akal dan pikiran karna dalil Al-hadis dan do'a haya syare'at dasaran.. ilmu yang sesunggu,nya telah "Allah Hamparkan di alam dunia,ini ,,Alif Lam Mim... Alif dzat tunggal sakuliah raga manusa anu di ciptakeun dina nurru'allah jeung nur muhammad anu Wiwitan dohir pang awal,na Jadi Wekasan panutup wawakil gusti jadi robbul syafaat bahan perwujudan,na manusa... Ini bisa jadi bahan ngaji diri, kalo di pedar masih panjang.. 😊😇😊

    #Semoga bermanfaat
    "SAMPURASUN.. Assalamualaikum

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengetahuan yg lumayan bnyak..
      kalo sempat ada waktu tolong di bedar sejarah ini,,pleas

      Hapus
    2. sepeprtinya diperpanjang malah bagus...drpd separo2 malah bingung yg baca, nebak2 kmn arahnya...

      Hapus
  24. Pusing ngebayangin tapi penasaran

    BalasHapus
  25. Ada perbedaan sumber penuntun atau guru atau pembimbing dari cerita di atas dan tokoh Sangyang Nur Cahaying Nirwana saat ini sebagai tanda akhir zaman. Di cerita ini sang tokoh dibimbing oleh iblis...tapi SangYang Nurcahyaning Nirwana zaman sekarang dibimbing langsung oleh Nabi Khaidir AS DAN RASULLULAH SAW..sebagai penguasa dunia ghaib jinn ruh dan malaikat.

    BalasHapus
  26. YA ALLOH AMPUNI KAMI,,,, وَ قُلۡ جَآءَ الۡحَقُّ وَ زَہَقَ الۡبَاطِلُ ؕ اِنَّ الۡبَاطِلَ کَانَ زَہُوۡقًا
    ,,,


    ya alloh lindungi kami dari segala bentuk kemusrikan dan tuntunlah Kami kepada jalan TAUHID MU bukan jalan selain MU dan mudahkanlah kami menuju jalan yg telah di wariskan oleh Nabi Besar MUHAMMAD SAW ,,,AMIIIN

    BalasHapus
  27. Saya percaya kepada Al Quran dan Hadits.
    Dan apa yang di alami oleh Para Ulama Al Arifbillah.. Seperti Kisah Nabi Khidir Alaihis Salam dan Raja Zulqornain.. Seperti di dalam Kitab Yang di karang oleh Syekh Ibrahim al Jilli bernama Insan Kamil.. Di sana di ceritakan Tentang Alam Malakut, Alam Jabarut, Arsy, Kursy dan LAuhil Mahfuz.. Dan alam dimensi ghaib..Seperti Jabal Qof, Raf Raf , dan siapa Malaikait yang di beri nama Malaikat Ruuh.. Apa itu Hakikat Muhammad atau Nur Muhammady.. Dan tanda akhir zaman.
    Masalah kepercayaan Sang Hyang Nur Cahya..atau Nur Cahyo..atau apa istilah orang Jawa.. Saya serahkan kepada Allah SWT.
    Apakah kisahnya sesuai dengan yang di ajarkan oleh Baginda SAW atau tidak.. Jika tidak.. Berita semacam itu hanya menambah jauh dari Allah dan Rasul Nya

    BalasHapus
  28. Alhamdulillah, terima kasih ilmunya. Kalian manusia-manuasia hebat. Nyimak.

    BalasHapus
  29. Alhamdullilah,masih ada org yg mau meneruskan sejarah dan sebuah kebenaran,kisah ini mmg perlu di sosialisasikan ke org banyak,agar tau asal usul sejarah beragama n kehidupan peradaban di Nusantara ini pd khususnya dulu sejak awal2,pd akhirnya yg bisa memahaminya akan bisa berkolaborasi dgn kitab2 yg pernah di turunkan Alloh hingga Qur'an sbg penyempurnaan terakhirnya.
    Kita mmg SDH banyak di buat jauh dr sejarah n kebenaran yg sesungguhnya.
    Lanjutkan dgn konten2 yg lebih mwmbuka kepada kesadaran.

    BalasHapus
  30. Semua itu bersumberkan oleh keyakinan masing2. Karena setiap manusia oleh Gusti Allah diberi kemampuan/ilmu yang berbeda.
    Ada yang mudah faham.
    Ada yang lambat faham.
    Ada yang tidak faham.
    Yang penting jangan mudah menyalahkan siapapun.
    Ketenangan dan ilmu adalah sebagai jalan kebenaran.

    BalasHapus
  31. Kita semua ini adalah keturunan Sayid Anwar ,karena kita bukan Nabi jd jangan saling mencaci

    BalasHapus
  32. Itulah kenapa nabi terakhir adalah nabi muhammad SAW ,sebagai penyempurna segala ilmu. Ilmu allah itu luas.

    BalasHapus
  33. Tidak usah di perdebatkan,semua itu sdah menjadi suratan dan tlah tertulis,kepercayaan dn keimanan kita berbeda jadi alangkah lbih baik2'y kita saling menghormati dan menghargainya.jauh sblum Islam terlahir di dunia ini,kan sblumnya sdah terlahir agama2 lain seperti Hindu,Budha dan Nasrani.mungkin dri kitab dn ajaran2 agama trsebut sdah tersirat akan kalimat"Shangyang Nur Cahyaning Nirwana"cuma saja stiap agama dan kepercayaannya berbeda Versi.jdi jgn saling menjustice orang dgn smau hati anda,jadikan perbedaan sbg pemersatu akan keberagaman Agama,Adat dn Budaya,dan bagi kita pribadi alangkah baik'y slalu Taqwa dan Patuh kpd Sang Maha Pencipta.ALLAH SWT/TUHAN YME/SANGHYANG AGUNG.Sang Pemilik seluruh jagad Buana,yg mliputi langit,bumi beserta isinya dan Sang Pemilik Kehidupan dn Kematian smua mahluk nya.

    BalasHapus
  34. Maaf. Yg komen di atas. Anda mengatakan agama islam kan terakhir.. Setahu kami ajaran agama islam lah yg pertama. Nabi nya aja yg terkahir.btw nabi adam as aja agama nya islam.cm sejak dr waktu itu agama islam tsb belum sesempurnah sekali. Maka nya dalam ayat Al quran berbunyi. Akan datang nabi terakhir utusan bernama muhammad saw. Dan pada pada itu jg kusempurnakanlah agamamu. Sejak itu di perkenalkan sholat. dan serta tata cara nya. Trus ramadhan menjadi bulan paling mulai dr yg lainnya. Hari jumat adl hr mulai dr lainnya. Btw semua nabi adl islam.nabi isa as aja agama nya islam.dia menyembah hanya kepada allah yg esa. Cm para pengikutnya yg menyelewengkan/membodohi umatnya.katanya mungkin inilah anak allah karna dia lahir tanpa ayah. Dan dia datang sbg penebus dosa. Jadi mereka yg nasrani punya penebus dosa. Kita yg islam ga gitu. Dosa y dosa kita sendiri. Kita yg nanggung. Nah kembali ke agma. Cm dr dl belum sempurna ibadah mereka. Nabi sulaiman aja ketika wafat dia sedang memuja allah sambil berdiri megang tongkatnya. Krn waktu itu blm ada namanya sholat. Jd jika baginda nabi sulaiman ingin menyembah allah. Dia ga sujud dan rukuk. Itidal. Dll seperti kita yg sdg melaksanakan sholat. Tp dia hanya berdiri sambil memegang tongkat nya. So mau islam mau hindu. Budha. Dll. Jelas nya sebenar benar nya Agama adl mengajarkan kebaikan. Jd apapun agama kita y. Mau islam atau apa sj tp jika sifat yg masih bertahta di hati yaitu sifat yg tercela. Yg selalu memperbudak kita adl sifat yg benci oleh yg esa. Maka percuma kita di katakan muslim(agama islam).misal hasut. Iri. Dengki. Fitnah. Bahkan mengkafir2kan org lain. Jadi kan percuma sholat nya yg dikarjain.jd mohon maaf sekira nya jika sholat yg khusuq/hayati.bukan sekedar gerakan doang loh.krn hadist rasol. Innassholaata tanha anifahsaiwal mungkar. (sesungguhnya sholat yg kau kerjakan mencegah perbuatan mungkar.


    sejati nya sholat itu sdh sebulum nabi ada terlahir/di ciptakan.jadi jangan islam. Sholat nya aja sdh ada sebelum manusia ada di bumi. Dan hanya kekasih allah lah yg diberi amanah utk memperkenalkan semua itu kepada umat manusia.itulah kenapa sebelum nabi adam di ciptakan. Malah Sdh ada tertulis di aras nya allah yaitu allah Muhammad. Makanya dr awal td sy bilang siapa bilang islam terakhir. Jika yg terakhir nabi adl nabi muh y mmg benar krn dia diutus utk menyempurnakan.krn setiap agama yg diajarkan oleh para nabi isinya hanya kebaikan dan hanya menyembah kepada tuhan yg satu. Y tp walau gimana diajarkan nya agama tsb kepada mereka. Masih banyak jg yg berusaha menyelewengkan ajaran yg esa.ok y saudaraq. Sampai disini dl. G usah panjang lebar. Krn sy jg masih butuh belajar. Mohon maaf sebesar besar nya jika ada salah kata. Krn mmg saya tempat nya salah. Kebenaran hanya milik allah swt. Mari kita perkuat silaturahmi dan berlomba berbuat baik kesesama umat islam, non muslim bahkan seluruh ciptaan nya di dunia. Sy doakan kesemua teman2 diskusi ini. Moga sll dilimpahkan rahmat. Reski. Dan jalan yg lurus utk menuju ke yg satu. Wassalam.

    BalasHapus
  35. Maaf. Yg komen di atas. Anda mengatakan agama islam kan terakhir.. Setahu kami ajaran agama islam lah yg pertama. Nabi nya aja yg terkahir.btw nabi adam as aja agama nya islam.cm sejak dr waktu itu agama islam tsb belum sesempurnah sekali. Maka nya dalam ayat Al quran berbunyi. Akan datang nabi terakhir utusan bernama muhammad saw. Dan pada pada itu jg kusempurnakanlah agamamu. Sejak itu di perkenalkan sholat. dan serta tata cara nya. Trus ramadhan menjadi bulan paling mulai dr yg lainnya. Hari jumat adl hr mulai dr lainnya. Btw semua nabi adl islam.nabi isa as aja agama nya islam.dia menyembah hanya kepada allah yg esa. Cm para pengikutnya yg menyelewengkan/membodohi umatnya.katanya mungkin inilah anak allah karna dia lahir tanpa ayah. Dan dia datang sbg penebus dosa. Jadi mereka yg nasrani punya penebus dosa. Kita yg islam ga gitu. Dosa y dosa kita sendiri. Kita yg nanggung. Nah kembali ke agma. Cm dr dl belum sempurna ibadah mereka. Nabi sulaiman aja ketika wafat dia sedang memuja allah sambil berdiri megang tongkatnya. Krn waktu itu blm ada namanya sholat. Jd jika baginda nabi sulaiman ingin menyembah allah. Dia ga sujud dan rukuk. Itidal. Dll seperti kita yg sdg melaksanakan sholat. Tp dia hanya berdiri sambil memegang tongkat nya. So mau islam mau hindu. Budha. Dll. Jelas nya sebenar benar nya Agama adl mengajarkan kebaikan. Jd apapun agama kita y. Mau islam atau apa sj tp jika sifat yg masih bertahta di hati yaitu sifat yg tercela. Yg selalu memperbudak kita adl sifat yg benci oleh yg esa. Maka percuma kita di katakan muslim(agama islam).misal hasut. Iri. Dengki. Fitnah. Bahkan mengkafir2kan org lain. Jadi kan percuma sholat nya yg dikarjain.jd mohon maaf sekira nya jika sholat yg khusuq/hayati.bukan sekedar gerakan doang loh.krn hadist rasol. Innassholaata tanha anifahsaiwal mungkar. (sesungguhnya sholat yg kau kerjakan mencegah perbuatan mungkar.


    sejati nya sholat itu sdh sebulum nabi ada terlahir/di ciptakan.jadi jangan islam. Sholat nya aja sdh ada sebelum manusia ada di bumi. Dan hanya kekasih allah lah yg diberi amanah utk memperkenalkan semua itu kepada umat manusia.itulah kenapa sebelum nabi adam di ciptakan. Malah Sdh ada tertulis di aras nya allah yaitu allah Muhammad. Makanya dr awal td sy bilang siapa bilang islam terakhir. Jika yg terakhir nabi adl nabi muh y mmg benar krn dia diutus utk menyempurnakan.krn setiap agama yg diajarkan oleh para nabi isinya hanya kebaikan dan hanya menyembah kepada tuhan yg satu. Y tp walau gimana diajarkan nya agama tsb kepada mereka. Masih banyak jg yg berusaha menyelewengkan ajaran yg esa.ok y saudaraq. Sampai disini dl. G usah panjang lebar. Krn sy jg masih butuh belajar. Mohon maaf sebesar besar nya jika ada salah kata. Krn mmg saya tempat nya salah. Kebenaran hanya milik allah swt. Mari kita perkuat silaturahmi dan berlomba berbuat baik kesesama umat islam, non muslim bahkan seluruh ciptaan nya di dunia. Sy doakan kesemua teman2 diskusi ini. Moga sll dilimpahkan rahmat. Reski. Dan jalan yg lurus utk menuju ke yg satu. Wassalam.

    BalasHapus
  36. ,,Bismillahirohannirohim
    Assalamualaikum 🙏🙏🙏

    Coba saya tanya
    Harpiah sholat apa,?
    Arti sholat itu apa,?
    Jika hanya sekedar di hayati
    Anak TK dari arab,pun sudah pandai
    Jika HARPIAH sholat semudah itu
    Tanpa kita mengkaji isi dari sholat.
    Kita tidak pernah akan sampai ke
    Titik kehusuan... 😊😇😊

    ... ,,ikan luf tidak pernah berkata
    Dia selalu sholat, berholwat, dziqir,
    Bertasbih dan bersholawat...
    Jika "SHOLAT & ISLAM hanya
    Sebuah akuan,, ada banyak air
    Mineral berjenis AQUA, namun
    Isinya masih sama "AIR

    ,,Kalo islam ada dari dulu
    Mungkin ISLAM tidak sericuh ini
    Terpikir apa tidak kita tidak akan
    Terlahir ke alam dunia,, tanpa ada
    Perkawinan, sedangkan nabi adam
    Menikahkan anak,nya waktu dulu
    Bersaudara sedarah... 😌😷😌
    Dan sedangkan dalam agama islam
    Mengharamkan perkawinan sedarah.!!

    ... ,,Bagai mana caranya manusia
    Bisa terlahir jika agama islam ada
    Dari jaman nabi adam,, islam itu
    Gabungan dari setiap agama-agama
    Ajaran-ajaran yang menjadi rahmatan
    Lil'alamin rahmat untuk segala mahluk
    Segala alam, alam kajinan, alam goib

    SUNDA WIWITAN tidak mengakui
    Agama atau ajaran paling pertama
    Kita pedar sedikit Nur muhamad
    Adalah "AKMA ceuk arabna mah "AKMAN satitis cahaya nurru'allah bahan ruh,ruh manusia,, nur muhamad yang ada saat pertama, anu ngadohir pang akhirna jadi sohibul mahluk panutup wawakil gusti...

    Bersambung...

    ,,Silahkan cari kaji dan cermati
    Isi "HARPIAH SHOLAT, jangan kau cari
    Dari mbah google,, pelajari hal goib
    Sekecil apapun yang ada pada diri kita
    Sendiri, waallah'hu batin nur'insyan
    All'isyanu dohirru'allah..😊
    Allah itu ada di batin kita
    Dan kita itu perwujudan gusti allah
    Kita dan allah tidak ada antara..😊

    ... ,,Wassalamualaikum 🙏🙏🙏




    BalasHapus
  37. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  38. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  39. Assalamu alaikum Alex. Kok blm ada blsan mbak dr pertanyaan sy. Sy nunggu loh mbak. Sy mau belajar dr mbak. Krn sy pikir pernyataan sy yg pertama di atas mbak gampang jawab dg mengatakan kalo cm hayati.resapi dll. Anak Tk Pun bisa. Hhhmmm..... Dan malah nanya balik ma sy ttg harfiah. Sy jawab. Memuja. Menyembah. Berterima kasih. Dll. Tp sy boleh jg bilang dong jika hanya memuja. Menyembah. Berterima kasih. Insya allah anak Tk pun jg bisa mbak😁.

    BalasHapus
  40. Maaf y mbak Alex dan teman semua. Comen sy yg di atas sy hapus aja. Mari kita kembali ke pokok semua ttg sang hyang nur cahaya ning nirwana. Ttg pertanyaan sy diatas g usah di bahas lg y. Soal nya Alex jg ga nongol. Dan jika mmg tmn2 yg lain sudah tau jawaban pertanyaan sy diatas. Alhamdulillah. Itu semua karna kehendak allah agar kita mengetahui dan mengerti ttg semua itu bahwa ttg sholat itu sangat.... Sangat..... Dan sangat penting sekali. Ibadah yg paling masyhur. Itulah yg menjadikan hal tsb wajib(jika ditanggalkan dapat siksa). Tp bagi teman yg lain yg kurang paham hal tsb. Kemungkinan besar dipikirkan mereka. Apaan itu sholat. Cuma rukuk. Sujud. Duduk diantara sujud. Salam hadap kanan dan kiri. dll. Kalo gini mah bicil pun bisa. Bahkan dari agama lain pun bisa melakukan nya. Kan gitu kira2 y. Baik. Cukup dl utk kali ini dr sy mohon maaf kepada semuanya. Kk2 dan adik2.jika ada salah kata sekali lg maaf y. Sy manusia biasa(bukan malaikat) . Punya banyak kesalahan. Kebenaran hanya dtg dr allah swt. Dzat yg maha suci.

    BalasHapus
  41. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  42. Yg penting jgn saling njatuhkn, baiknya diambil. Karena kebenaran sejati milik Allah

    BalasHapus
  43. Oia sy tambahkan dikit. Sy sempat ingat Alex berkata allah itu ada di DALAM BATIN dan kita adl perwujudan nya. Nah coba sy tanya lagi nih jika mmg allah ada DALAM BATIN antum.apakah antum pernah bertemu dg dia...? Atau setidaknya y melihat bahwa allah ada dlm batinmu sehingga antum berkata seperti itu.jadi jika sesuatu saat allah berfirman ke pada nabi Muhammad saw melalui malaikat. Knp hrs ungkapan nya berbunyi firman allah telah DITURUNKAN( berarti hakikatnya dr atas) .dan dan kenapa nabi Muhammad mengatakan sll mengatakan kepada pengikutnya bahwa jika kau percaya dg sy yg menyeru kebenaran berarti kau harus percaya pada yg di ATAS sana. Krn semua yg kusampaikan adl dr allah yg di ATAS sana.dan mengapa ketika pejalanan isra harus naik ke ATAS LANGIT..? bukannya malah masuk ke dalam batin utk bertemu allah swt. Krn kan menurut antum. Allah ada dlm batin y. Jk ngapain Muhammad susah2 di angkat kelangit utk menerima tugas ibadah 5 waktu tsb. Nah kan lucu pernyataan antum. Hhhh jd jika belum paham jg dg comen sy ini. Gpp. Tp setidaknya belajarlah bandingkan antara kata huruf kapital diatas. Yg 1 menyatakan dlm batin dan yg 1 diatas. Akhir kata. Kekafiran dimulai/berawal dr tasybih.ktn allah adl dzat yg agung.tak punya kesamaan. Jd jgn lah voba2 berandai2 atau menyamakan bahkan menganggap. wassalam.

    BalasHapus